Silabus Hidrokarbon (Haloalkana, Alkanol dan Alkoksialkana)

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SMA/MA
Kelas                           : XII
Kompetensi Inti          
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar (KD)
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1      Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
·   Halo alkana

Mengamati (Observing): 
·      Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang: rumus struktur (gugus fungsi),  tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa haloalkana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari .

Menanya (Questioning)
·     Mengajukan  pertanyaan bagaimana senyawa haloalkana dapat merusak ozon, bagaimana cara menanggulanginya, dan apa manfaat senyawa haloalkana dalam kehidupan serta bagaimana menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa haloalkana


Mengumpulkan data (Experimenting)
·      Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa haloalkana
·      Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa haloalkana
·      Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa haloalkana dari literatur.
·      Menganalisis reaksi identifikasi senyawa haloalkana
·      Mendiskusikan kegunaan senyawa haloalkana dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)

Mengasosiasi (Associating)
·     Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya.
·     Menghubungkan rumus molekul dengan rumus struktur  (isomer)

Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Menyampaikan secara tertulis atau lisan tentang senyawa haloalkana yang dapat merusak ozon dan cara penanggulangannya.
·      Mengkomunikasikan kegunaan senyawa haloalkana dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)

Tugas:
·     Menulis artikel “Penggunaan senyawa CFC, dampak, dan penanggulangan nya
·     Membuat peta konsep tentang gugus fungsi dan reaksi dari turunan alkana

Observasi
·   Sikap ilmiah pada saat diskusi, dan presentasi.

Portofolio
·     Artikel yang ditulis
·     Peta konsep

Tes tertulis
·     Pemahaman tentang: Struktur,  tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa haloalkana



1 mgg x 4 jp
·  Buku Kimia Kelas XII
·  CD Kimia Karbon
·  Situs kimia tentang Kimia Karbon
·  Aplikasi kimia

1.2      Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3      Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1      Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
4.7      Menalar dan menganalisis struktur,  tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat).

Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
·   Alkanol dan Alkoksi alkana
Mengamati (Observing): 
·    Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang: rumus struktur (gugus fungsi),  tata-nama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari .
Menanya (Questioning)
·    Bagaimana senyawa alkohol tertentu dapat menjadi alternatif  bahan bakar.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·    Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa alkanol dan alkoksi alkan
·    Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkanol dan alkoksi alkan
·    Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkan, serta senyawa polialkohol,  pembuatan alkohol dengan cara fermentasi, dan cara membedakan alkohol dengan eter dari literatur.
·    Membedakan alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tertier.
·    Merancang, kemudian melakukan percobaan untuk mengidentifikasi alkanol dan alkoksi alkana
·    Menganalisis reaksi identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkana
·    Mendiskusikan kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkaan dalam  kehidupan (bidang farmasi,  industri)
Mengasosiasi (Associating)
·    Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya.
·    Menghubungkan rumus molekul dengan rumus struktur  (isomer)
Mengkomunikasikan (Communicating)
·    Membuat  laporan percobaan tentang cara membedakan alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tertier serta mempresentasikannya.
·    Mempresentasikan ide/gagasan penggunaan alkanol sebagai alternatif bahan bakar.
·    Mengkomunikasikan kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkaan  dalam kehidupan (bidang farmasi)
Tugas:
·     Menulis ide /gagasan penggunaan alkanol sebagai alternatif bahan bakar.
·     Merancang percobaan identifikasi alkanol dan alkoksi alkan

Observasi
·     Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan  (menggunakan pipet tetes, mengukur volume dll) dan diskusi, serta presentasi.

Portofolio
·     Artikel yang ditulis
·     Laporan hasil percobaan

Tes tertulis
·     Pemahaman tentang: Struktur,  tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkana

1 mgg x 4 jp
·  Buku Kimia Kelas XII
·  CD Kimia Karbon
·  Situs kimia tentang Kimia Karbon
·  Aplikasi Kimia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar