Rencana Pembelajaran



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kimia Kelas XII
(Implementasi Kurikulum 2013)
A. Identitas
Identitas Sekolah   : SMA Negeri 1 Pamotan
Mata Pelajaran        : Kimia
Kelas /Semester      : XII / 2
Materi Pokok          : Senyawa Karbon
Alokasi Waktu       : 3 pertemuan (3 x 2 x 45 Menit)
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator :
KD dari KI  :
1.1  Menyadari adanya senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator :
·      Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
·      Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.
KD dari KI 2 :
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
Indikator :
·      Rasa ingin tahu
·      Jujur dalam menggunakan data percobaan (menggunakan data apa adanya dan hasilnya sesuai dengan data percobaan)
·      Teliti dalam mengolah dan menganalisis data
·      Ulet dalam mencari sumber pengetahuan yang mendukung penyelesaian masalah (dapat menyelesaikan masalah secara runut di awal hingga akhir dengan langkah-langkah yang benar).

KD dari KI 3 :
3.1     Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator :
·      Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa haloalkana,alcohol dan eter
·      Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa haloalkana,alcohol dan eter
·      Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa haloalkana ,alcohol dan eter  dari literatur.
·      Menganalisis reaksi identifikasi senyawa haloalkana,alcohol dan eter
·      Mendiskusikan kegunaan senyawa haloalkana ,alcohol dan eter dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)
·      Mengkomunikasikan kegunaan senyawa haloalkana ,alcohol dan eter dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)

C. Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati kegiatan demostrasi atau percobaan, secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi haloalkana, alkanol dan alkoksi alkana
2.      Diberikan data hasil percobaan, secara mandiri siswa dapat membuat  laporan percobaan tentang cara membedakan alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tertier serta mempresentasikannya.
3.      Melalui latihan dan diskusi, siswa dapat menganalisis reaksi identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkana, menentukan kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkaan dalam  kehidupan (bidang farmasi,  industri)
4.      Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet, dan saling menghargai pendapa melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan individu.
5.      Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME dan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan demonstrasi, mengamati tayangan video atau animasi, dan kegiatan latihan kelompok/individu yang imajinatif.

D. Materi Pembelajaran
Alkohol
Haloalkana
Alkoksi alkana
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan   : scientific
Model           : SiMaYang (Berbasis Multipel Representasi
Strategi         : Kolaboratif & Kooperatif
Metode         : Demonstrasi, diskusi, penugasan, latihan, dan penugasan.

F. Media dan Sumber Belajar
·      LCD projector
·      Video / animasi (kimia komputasi)
·      Internet (webpage / webblog)
·      Lembar Kerja Siswa (LKS)
·      Buku-Buku Kimia SMA Kelas X

G. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I
A. Pendahuluan (10 menit)
·         Salam pembuka, dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa.
·         Kegiatan Awal (apersepsi), guru memimpin diskusi kelas untuk memotivasi siswa dengan menyampaikan pertanyaan tentang alkana  sebagai prasyarat untuk memahami struktur haloalkana dan keisomeran rangka.
·         Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan sistem penilaian.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru membentuk kelompok-kelompok kooperatif, tiap kelompok 2-3 orang siswa.
·         Guru membagikan LKS 4.1.2 kepada setiap kelompok.
·         Siswa mengkaji literatur untuk menjelaskan sifat fisik dan kimia haloalkana (Eksplorasi).
·         Siswa mengkaji literatur dan berlatih menuliskan reaksi senyawa haloalakana (Eksplorasi).
·         Siswa mengkaji literatur dan berlatih keisomeran dalam senyawa haloalakana (Eksplorasi).
·         Siswa mengkaji literatur menjelaskan kegunaan dan dampak penggunaan haloalkana (Eksplorasi).
·         Siswa bersama kelompoknya mengisi LKS 4.1.2, berdasarkan hasil diskusi kelompok (Elaborasi).
·         Guru melakukan evaluasi dengan meminta tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, siswa yang lainnya mendengarkan, mencermati dan memberi tanggapan (Konfirmasi).
·         Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat  baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.
C. Penutup  (10 menit)
·         Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan mengerjakan soal-soal post test.
·         Melakukan refleksi.
·         Merencanakan materi untuk pertemuan berikutnya.
·         Ucapan terima kasih atas partisipasi aktif dari semua siswa, dan diakhiri salam penutup.

  Pertemuan II
A. Pendahuluan (10 menit)
·         Salam pembuka, dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa.
·         Kegiatan Awal (apersepsi), guru memimpin diskusi kelas untuk memotivasi siswa dengan menyampaikan pertanyaan tentang alkana dan haloalkana,alcohol dan eter
·         Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan sistem penilaian.
B. Kegiatan Inti  (70 menit)
·         Guru membentuk kelompok-kelompok kooperatif, tiap kelompok 2-3 orang siswa.
·         Guru membagikan LKS 4.1.3 kepada setiap kelompok.
·         Siswa mengkaji literatur untuk menjelaskan sifat fisik dan kimia alcohol dan eter  (Eksplorasi).
·         Siswa melakukan demonstrasi identifikasi alcohol dan eter untuk dapat menuliskan reaksi senyawa alcohol dan eter (eksplorasi).
·         Siswa berlatih menuliskan keisomeran pada senyawa alcohol dan eter (eksplorasi).
·         Siswa berdiskusi membahas kegunaan alcohol dan eter Elaborasi)
·         Siswa bersama kelompoknya mengisi LKS 4.1.3, berdasarkan hasil diskusi kelompok (Elaborasi).
·         Guru melakukan evaluasi dengan meminta tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, siswa yang lainnya mendengarkan, mencermati dan memberi tanggapan (Konfirmasi).
·         Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat  baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.
C. Penutup  (10 menit)
·         Menutup pelajaran dengan mengerjakan soal-soal post test.
·         Melakukan refleksi.
·         Merencanakan materi untuk pertemuan berikutnya.
·         Ucapan terima kasih atas partisipasi aktif dari semua siswa, dan diakhiri salam penutup.

H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Tes hasil belajar (penguasaan konsep) kimia menggunakan peskoran (setiap soal diberi skor 1 bila jawaban benar, dan skor nol bila salah).
2. Penilaian Sikap (perilaku) menggunakan rubrik penilaian perilaku
3. Penilaian keterampilan mengolah data hasil percobaan menggunakan rubrik kinerja.

Contoh soal pengetahuan (tes penguasaan konsep)
1. Gambarkan struktur senyawa :
·         1,2-dikloro-2,3-difluoro butana
·         3-metil-2-butanol
·         3-metoksi pentane
2. Suatu senyawa memiliki rumus C3H6O. Senyawa ini dapat diosidasi menghasilkan asam alkanoat.
·         Gambarkan struktur senyawa tersebut.
·         Gambarkan struktur senyawa hasil reduksi senyawa tersebut.
·         Berikan sebuah senyawa yang berisomer fungsi.
3. Sebutkan kegunaan eter/alkoksi alkana.



Pengamatan Perilaku
No.
Aspek yang dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
1.
Rasa ingin tahu




2.
Ketelitian dalam menggunakan data hasil percobaan dan melakukan pengolahan data




3.
Ketekunan/ keuletan dalam belajar baik secara kelompok maupun individu dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS.




4.
Kejujuran dalam mengolah data untuk mengidentifikasi senyawa karbon dan dalam menyelesaikan masalah yang ada di LKS





Rubrik penilaian perilaku

No.
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan baik kelompok maupun individu
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh atau kurang antusias dalam menyelesaikan masalah secara individu.
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok atau individu walaupun telah didorong untuk terlibat.
2.
Ketelitian dalam menggunakan data yang didapat dari hasil percobaan dalam melakukan perhitungan maupun analisis data
3:mengamati video/animasi dan mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, dan melakukan perhitungan secara tepat
2: mengamati video/animasi dan mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, namun perhitungan kurang tepat.
1: mengamati video/animasi dan mengolah data hasil percobaan sesuai prosedur, tetapi perhitungan tidak tepat, atau sebaliknya.
3.
Ketekunan / keuletan siswa dalam belajar baik secara kelompok maupun individu dilihat dari cara mereka menyelesaikan masalah yang ada di LKS.
3: tekun/ulet dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
1:tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
4.
Kejujuran dalam mengolah data hasil praktikum
3:menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya)

2:menunjukkan kejujurannya dalam menggunakan data hasil percobaan (data apa adanya) untuk membuktikan hukum dasar kimia, namun kurang menunjukkan kemandirian dalam menyelsaikan masalah (masih berusaha meminta jawaban teman/menyontek) terutama pada kegiatan individu
1:tidak menunjukkan kejujuran dalam menggunakan data hasil percobaan dan berusaha mencari jawaban dari teman lain dengan cara menyontek untuk menyelsaikan tugas individu.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar